Puasa Syawal Apakah Harus Berturut – Turut ?

Puasa Syawal Apakah Harus Berturut – Turut ?

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebelumnya kami dari PT. Madinah Iman Wisata Semarang mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1439 Taqobbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).

Setelah satu bulan lamanya kita menjalani ibadah puasa ramadhan, tahukah anda bahwa terdapat puasa yang disunahkan setelah ramadhan yang sudah berakhir ini? Puasa tersebut adalah puasa sunah Syawal, selama enam hari. Dari sahabat Abu Ayyub Al Anshori -semoga Allah meridhoi beliau-, Rasulullah shallallahualaihiwasallam bersabda,

من صام رمضان ثم أتبعه ستاً من شوال كان كصيام الدهر

Siapa yang melakukan puasa ramadhan lalu diikuti puasa enam hari di bulan syawal, maka ia mendapatkan pahala puasa satu tahun. (HR. Ahmad dan Muslim)

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Menurut ulama Syafi’iyah, puasa enam hari di bulan Syawal disunnahkan berdasarkan hadits di atas. Disunnahkan melakukannya secara berturut-turut di awal Syawal. Jika tidak berturut-turut atau tidak dilakukan di awal Syawal, maka itu boleh. Seperti itu sudah dinamakan melakukan puasa Syawal sesuai yang dianjurkan dalam hadits. Sunnah ini tidak diperselisihkan di antara ulama Syafi’iyah, begitu pula hal ini menjadi pendapat Imam Ahmad dan Daud.” (Al-Majmu’, 6: 276)

Dari penjelasan di atas ini menunjukkan bahwa lebih afdhal memang berturut-turut namun kalau tidak bisa berturut-turut, maka tidak mengapa. Namun bersegeralah menyelesaikan puasa Syawal itu lebih baik karena Allah Ta’ala berfirman,

 

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Berlomba-lombalah berbuat kebajikan.” (QS. Al-Maidah: 48)


Orang yang melakukan satu kebaikan akan mendapatkan sepuluh kebaikan yang semisal. Puasa ramadhan adalah selama sebulan berarti akan semisal dengan puasa 10 bulan. Puasa syawal adalah enam hari berarti akan semisal dengan 60 hari yang sama dengan 2 bulan. Oleh karena itu, seseorang yang berpuasa ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal akan mendapatkan puasa seperti setahun penuh. (Lihat Syarh An Nawawi ‘ala Muslim, 8/56 dan Syarh Riyadhus Sholihin, 3/465).

 

Wallahua’lam bis showab…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*